Qalbu Adalah Raja Manusia - Ustad Irfan Yusuf SPDI

Qalbu Adalah Raja Manusia 

Qalbu Adalah Raja Manusia - Ustad Irfan Yusuf SPDI
 Ustad Irfan Yusuf SPDI

Qalbu Adalah Raja Manusia - Salah satu potensi yang Allah berikan kepada manusia dan bagaimana cara merawatnya tadi malam telah kita bahas yaitu akal. Satu lagi potensi yang Allah berikan adalah Qalbu. Qalbu merupakan raja dari manusia. Dalam suatu hadist Rasulullah bersabda yang artinya : “Pada diri anak Adam tersebut, terdapat segumpal daging. Apabila baik daging itu, maka baiklah orang itu. Tapi apabila rusak daging itu, maka rusaklah orang tersebut.” 

Daging yang dimaksud itu adalah hati, yang terletak di dada sebelah kiri manusia. Perilaku manusia adalah cerminan dari kondisi hati orang itu sendiri. Seseorang yang selalu mengeluarkan kata-kata yang kotor, sesungguhnya itulah cerminan dari hatinya tersebut. Perilaku mazmumah tersebut menunjukkan ketidakbersihan hatinya. Padahal sabda Rasulullah yang artinya : “Sesungguhnya Allah tidak menilai seseorang dari ketampanan, kecantikan, dan hartanya melainkan Allah menilainya dari hatinya.”  

13 sahabat nabi yang dijamin masuk Surga salah satunya ialah Bilal bin Rabbah. Dia merupakan ketururan Al-Habsyi (kulit hitam), namun Nabi Muhammad Saw. menjamin dirinya masuk kedalam Surga. Bilal bin Rabbah adalah orang pertama yang masuk kedalam Masjid Nabawi setiap harinya karena dia adalah seorang muadzin. 

 Qalbu Adalah Raja Manusia

Hati manusia ini juga harus dirawat layaknya akal pada manusia. Apabila hati dirawat, maka hati itulah yang membawa kita pada keselamatan. Apabila hati tidak dirawat, maka hati kita akan selalu dalam keadaan sakit. Penyakit hati salah satunya suudzon, yaitu berburuk sangka kepada Allah dan sang Khalik. Orang yang suka berburuk sangka akan berujung pada fitnah dan ghibah. Orang yang suka berburuk sangka hatinya akan kotor. 
Qalbu Adalah Raja Manusia

Orang yang berburuk sangka kepada Allah, dosanya akan lebih berat daripada jumlah dosa seluruh manusia. Maka kita harus senantiasa berprasangka baik kepada Allah karena disetiap cobaa dari Allah pasti ada maksud yang tersimpan. Sebagian manusia menganggap apabila Allah tidak mengabulkan doa berarti tidal menyayangi hambanya. Kadang ketika kita berdoa yang mana kita anggap baik belum tentu baik bagi Allah. Karena, disetiap kejadian ada hikmah yang menjadikan kita lebih baik dan Allah telah siapkan apa-apa yang terbaik bagi hamba-hambanya.  

Kisah seorang lelaki yang mengomentari ciptaan Allah yang menganggap pohon Ceri dan pohon Labu diciptakan terbalik karena kondisi pohoh ceri yang kokoh namun buahnya kecil dan keadaan pohon labu yang pohonya pendek dan kecil namun buahnya besa. Ia pun langsung mendapat teguran dari Allah, ketika ia tidur dibawah pohon Ceri , jatuhnya sebuah ceri mengenai mukanya. Lalu ia sujud dan mohon ampun kepada Allah karena ia baru sadar apabila pohon Ceri itu berbuah labu maka hancurlah wajahnya tertimpa buah labu yang besar dan berat. 

 Qalbu Adalah Raja Manusia

Penyakit hati lainnya iri dengki, senang melihan orang susah dan susah melihat orang senang. Buang iri dengki, karena Allah telah mengatur rezeki manusia masing-masing. Penyakit harti lainnya ialah sombong, ujub, takabur, riya’, sum’ah, dendam buang dari hati kita dan rawatlah hati kita. Cara merawat hati dengan banyak berdzikir kepada Allah. Dzikir ialah mengingat Allah, yang bekerja ialah hati kita. Yang berniat adalah hati kita karena dari 13 rukun shalat , yang merupakan salah satu qalbiah ialah niat kita.   

Qalbu Adalah Raja Manusia
Kemudian cara merawat hati dengan banyak-banyak membaca Al-Qur’an. Sinari ru,mamhmu dengan membaca Al-Qur’an karena barang siapa yang suka membaca Al-Qur’an malaikat rahmat senantiasa masuk kedalam rumahnya. Rajin-rajin membaca Qur’an akan menjaga kebersihan hati. Kemudian dirikanlah shalat malam termasuk shalat tarawih. Kemudian menjaga shalat 5 waktu dan jangan lupa untuk mengkoreksi diri sendiri dan jangan mencari-cari dan mrngkoreksi kesalahan orang lain. 

“Beruntunglah orang-orang yang disibukkan dengan mencari kelemahan dirinya sendiri, maka ia tak sempat lagi mencari-cari kelemahan orang lain.” Sabda Rasulullah SAW. Maka janganlah kita menuding orang lain atas kesalahan-kesalahan yang kita perbuat. Demikian ceramah dari saya, Assalamu’alaikum WrWb

 
Qalbu Adalah Raja Manusia - Ustad Irfan Yusuf SPDI Qalbu Adalah Raja Manusia - Ustad Irfan Yusuf SPDI Reviewed by Mike Clara on Maret 25, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Disqus Shortname

Diberdayakan oleh Blogger.